Mengenal Sejarah Lebih Dekat di Wisata Keraton Yogyakarta

Wisata Keraton Yogyakarta – Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang kaya dengan tempat wisata mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja, hingga wisata buatan, semuanya sangat terkenal dan luar biasa. Bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke Kota Jogja kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu tempat wisata yang sudah sangat terkenal di Indonesia, yaitu Keraton Yogyakarta.

Apa itu Keraton Yogyakarta? Keraton Yogyakarta merupakan sebuah istana yang menjadi tempat tinggal keluarga kesultanan yang letaknya berada di jantung dari kota Jogja. Selain menjadi tempat yang ditinggali oleh sultan, tempat ini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Jogja yang selalu dipadati oleh para pengunjung. Perlu Anda ketahui di dalam kompleks Keraton ini terdapat juga museum yang menyimpan berbagai macam barang-barang kuno, seperti gamelan, replika pusaka keraton, koleksi milik keluarga kesultanan, dan beberapa barang pemberian raja-raja Eropa terdahulu. Tidak hanya bagian dalam, bentuk bangunan dari Keraton ini juga menghadirkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Sangat menarik sekali bukan? Berikut beberapa informasi tentang Wisata Keraton Yogyakarta yang perlu Anda ketahui.

Akses Menuju Keraton Yogyakarta

Bagi Anda yang masih belum tahu dimana lokasi Keraton Yogyakarta, Objek wisata tersebut berada tepat di sebelah selatan Alun-alun Yogyakarta. Jika dari jalan Malioboro jaraknya hanya sekitar 50 meter saja. Bagi Anda yang datang dari luar Kota Jogja menggunakan kereta api, Anda bisa turun di stasiun tugu kemudian berjalan ke arah selatan hingga melewati perempatan Malioboro. Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 15 menit, Anda akan sampai di Alun-Alun Utara. Dari alun-alun tersebut Anda sudah bisa melihat gerbang pintu masuk menuju Keraton.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melewati rute jalan Ungaran – Ambarawa – Magelang Jogja – Terminal Jombor – Tugu Jogja Belok Kanan – Keraton Jogja. Anda tidak perlu khawatir karena hampir di sepanjang jalan menuju keraton terdapat banyak sekali petunjuk jalan.

Harga Tiket Masuk di Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Untuk harga tiket masuk di objek wisata ini masih sangat terjangkau. Para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000- (untuk wisatawan domestik) dan Rp 15.000 (wisatawan mancanegara). Pembelian tiketnya dibagi menjadi 2 loket, yang pertama berada di bagian tepas Keprajuritan atau depan Alun-Alun Utara dan yang kedua di bagian Regol Keben.

Perlu Anda ketahui Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 14.00 WIB. Sedangkan untuk hari jumat dan sabtu Keraton Yogyakarta tutup lebih awal yaitu pada pukul 11.00 WIB. Jadi pastikan untuk berkunjung pada jam-jam operasionalnya.

Aktivitas di Keraton Yogyakarta

Bagi Anda yang masih bingung tentang apa saja yang bisa dilakukan saat berada di objek wisata ini, Anda bisa berkunjung ke Museum yang menyimpan beragam koleksi sejarah yang dimiliki oleh Keraton. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menyaksikan pagelaran seni tersedia setiap hari senin sampai minggu setiap pukul 10.00 WIB. Anda tidak perlu khawatir karena dua pagelaran seni tersebut bisa Anda nikmati secara gratis.

Ada banyak sekali fasilitas yang bisa Anda nikmati di area objek wisata ini, seperti lahan parkir yang luas, tempat ibadah yang nyaman, beberapa penginapan atau guest house di sekitar Keraton, tempat makan, dan tempat untuk membeli oleh-oleh khas Jogja.

Itu tadi beberapa informasi singkat terkait dengan Wisata Keraton Yogyakarta, Semoga Informasi diatas bermanfaat dan dapat membantu Anda mencari referensi tempat wisata bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *