Bertamasya Menikmati Keunikan Hutan Pinus Mangunan Bersama Keluarga

Hutan Pinus Mangunan Jogja – Mendengar tempat ini, sudah pasti tidak asing lagi bagi Anda, khususnya para pecinta wisata alam. Hutan yang berlokasi di Dlingo, Bantul, Yogyakarta ini menjadi wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang datang ke Bantul baik dari kalangan balita hingga dewasa. Tentu saja, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, namun mereka  akan memiliki kesempatan untuk melihat pohon secara langsung pinus di habitat aslinya. Cukup menarik, bukan?

Hutan yang memiliki sebutan Hutan Pinus Imogiri ini menyajikan berbagai suasana yang membuat para pengunjung merasakan ketenangan. Bagaimana tidak? Karena mereka diajak untuk lebih dekat dengan alam sekitar. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati aroma khas kayu yang dihasilkan oleh ratusan pohon pinus dengan jenis “Pinus Merkusi”. Disana, Anda juga akan mendapatkan berbagai spot foto yang unik dan eksotis. Lalu apa saja aktivitas yang dapat dilakukan disana? Penjelasan lebih detail akan dijelaskan pada ulasan berikut.

Akses Menuju Hutan Pinus Mangunan

Akses menuju ke tempat wisata ini cukup mudah dijangkau. Hutan Pinus Imogiri sendiri berlokasi di Yogyakarta bagian selatan. Letaknya yaitu di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta atau sekitar 23 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Jadi kemungkinan Anda dapat menempuhnya dengan durasi 60 menit menggunakan sepeda motor. Untuk menuju kesana, Anda bisa melalui Jalan Imogiri Timur yangmana juga merupakan akses ke Makam Raja-Raja Imogiri. Sebelum masuk ke wilayah makam, Anda akan mendapati pertigaan yang menunjukkan arah Mangunan. Ikuti arah tersebut dan Anda akan menjumpai dua jalur yang menunjukkan dua tujuan wisata yang berbeda yaitu Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan Jogja. Ambil arah menuju ke hutan pinus dan Anda akan sampai di lokasi.

Harga Tiket Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Untuk harga tiket berkunjung disana masih belum diberlakukan secara resmi. Namun jika tujuan masuk ke tempat ini adalah untuk syuting, maka para pengunjung wajib meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola dan aparat desa. Untuk urusan lain seperti foto prewedding, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000. Lalu apa biaya restribusi yang harus pengunjung bayar? Jika Anda kebetulan membawa kendaraan untuk diparkir, Anda akan dikenai biaya parkir sebagai restribusi tempat wisata, yaitu sekitar Rp3000 (motor), Rp10.000 (mobil), dan Rp20.000 (bus).

Aktivitas di Hutan Pinus Mangunan

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di tempat wisata ini adalah berjalan-jalan menikmati indahnya pepohonan pinus serta mencari spot foto yang eksotis. Ada banyak spot foto yang cukup terkenal di kalangan traveller yaitu area pertunjukan teater, sastra, dan musik yangmana tempat duduk penoton dibuat melingkar seperti pertunjukan teater umumnya. Namun perbedaannya adalah Anda dapat menikmatinya di ruang terbuka. Disana, terdapat panggung dan bangku-bangku penonton yang didesain unik menggunakan kayu pohon. Lokasi ini menjadi spot terbaik untuk berfoto bersama keluarga tercinta.

Lalu apa saja aktivitas yang dapat pengunjung temukan? Fasilitas-fasilitas disana diantaranya outbond,  toilet, gardu pandang, musholla, dan area parkir. Untuk waktu terbaik untuk berkunjung sendiri yaitu di pagi hari, waktu di saat matahari baru terbit atau pada pukul 06.00 – 10.00 dan sore hari pukul 15.00 – 18.00 WIB.

Itulah beberapa informasi terkait dengan wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja. Untuk Anda yang tertarik berkunjung disana, Anda bisa juga mampir berkunjng ke Kebun Buah Mangunan dan Puncak Becici yang masih satu wilayah dengan hutan tersebut. Sebelum berwisata, pastikan Anda sudah mempersiapkan berbagai hal yang harus dibawa seperti baju, kamera, makanan ringan atau benda lainnya yang dibutuhkan. Pastikan juga, ketika Anda memasuki area tempat wisata, selalu mengarahkan keluarga untuk tetap menjaga kebersihan hutan dan berlaku sopan. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda dan keluarga dalam merencanakan liburan keluarga  disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *